Arman Ngeblog sejak tahun 2010

Jenis dan Ukuran Kertas Sertifikat Untuk Piagam Penghargaan

2 min read

Menentukan pilihan ukuran kertas sertifikat dan jenis kertas sertifikat terkadang kurang diperhatikan bagi sebagian orang karena lebih fokus ke model desain sertifikat yang akan digunakan.

Padahal jenis dan ukuran kertas sertifikat akan sangat mempengaruhi kualitas hasil cetak nantinya. Ada banyak jenis kertas sertifikat yang sering digunakan mulai dari yang biasa hingga kertas premium.

Selain jenis kertas, ukuran kertas sertifikat juga memiliki beberapa ukuran mulai dari ukuran yang kecil sedang dan besar.

Untuk itu sebelum kamu membuat sertifikat piagam, penghargaan atau sertifikat seminar ada baiknya kamu menentukan terlebih dahulu jenis kertas sertifikat, ukuran kertas sertifikat kemudian desain sertifikat yang akan kamu gunakan.

Dibawah ini beberapah rekomendasi jenis dan ukuran kertas sertifikat yang bisa kamu gunakan, agar hasil cetak sertifikat kamu tidak mengecewakan.

Jenis-Jenis Kertas Sertifikat

1. Kertas Jasmine

Ingin membuat sertifikat piagam penghargaan yang terlihat elegan, kamu bisa coba kertas ini. Kertas Jasmine memiliki tekstur permukaan yang halus dan dilengkapi dengan adanya gliter yang membuat kertas terlihat mengkilap dan kelap klip.

Kertas Jasmine sering digunakan untuk membuat undangan pernikahan karena memiliki kualitas kertas yang premium dan harga kertas ini juga lebih mahal dari jenis kertas sertifikat yang lain.

2. Kertas Art Karton

Kertas Art Karton ini juga memiliki permukan yang halus dan mengkilap dengan warna dasar putih. Jenis kertas Art Kartoon paling sering digunakan untuk membuat sertifikat, brosur, cover buku dll.

Kertas Art Kartoon memiliki ketebalan yang cocok untuk membuat sertifikat, mulai dari 190gr, 210gr, 230gr, 260gr, 310gr hingga 360gr. Selain itu hasil cetak yang dihasilkan cukup bagus dan tahan lama.

3. Kertas Manila

Jenis kertas Manila ini juga sering digunakan untuk membuat sertifikat dan kertas ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau karena itulah kertas Manila ini cukup mudah ditemukan.

Permukaan kertas Manila memiliki tekstur yang kasar dan kaku. Selain jenis kertas ini juga memiliki beberapa warna yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

4. Kertas BW Carton

Kertas BW atau Blue Whites memiliki tekstur permukaan yang kasar, kamu bisa melihatnya dengan jelas pada permukaan kertas BW terlihat seperti berserat.

Kertas BW memiliki ketebalan yang yang cukup baik untuk membuat sertifikat piagam penghargaan dan kertas ini juga memilik beberapa warna dasar.

Kertas BW ini sangat tidak cocok untuk dilaminating karena memiliki permukaan yang kasar dan tinta dapat memudar karena panas saat laminating.

5. Kertas Ivory

Kertas Ivory ini sering digunakan untuk membuat kotak makanan karena memiliki sertifikat Food Grade, akan tetapi jenis kertas ini sering juga dugunakan untuk membuat sertifikat.

Kertas Ivory memiliki tektsur permukaan yang berbeda di kedua sisinya,

Baca juga : Cara Membuat Pas Foto tanpa Photoshop

Macam-Macam Ukuran Kertas Sertifikat

Ada beberapa jenis ukuran kertas yang sering dipakai untuk membuat sertifikat piagam penghargaan atau sertifikat seminar, seperti sertifikat ukuran A4, A5, F4, Letter dan yang paling besar ukuran sertifikat Legal.

Untuk mengetahui perbandingan ukuran masing-masing ukuran kertas sertifikat dalam ukuran cm, mm dan inci perhatikan tabel di bawah ini:

Ukuran Kertas SertifikatCMMMINCI
Letter21.6 x 27.9 cm216 × 279 mm8.5 × 11 in
Folio (F4)21 x 33 cm210 x 330 mm8.2 x 13 in
Legal21.6 35.6 cm216 × 356 mm8.5 × 14 in
A421 x 29.7 cm210 x 297 mm8.2 x 11.6 in
A514.8 x 21.0 cm148 x 210 mm5.8 x 8.2 in

Ukuran Kertas Sertifikat Piagam Penghargaan

Ukuran kertas sertifikat piagam penghargaan yang paling sering digunakan atau yang umum kita temukan yaitu ukuran F4 atau Folio namun kamu juga bisa menggunakan ukuran kertas yang lain seperti Letter dan A4 atau ukuran yang lebih kecil seperti ukuran A5.

Akhir Kata

Nah itu dia jenis ukuran kertas sertifikat yang biasa digunakan untuk membuat sertifikat piagam, sertifikat penghargaan dan sertifikat seminar, silahkan disesuaikan dengan budget yang kamu punya untuk membuat sertifikat.

Arman Ngeblog sejak tahun 2010

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *