Menggunakan media sosial memang sudah menjadi kebutuhan bagi semua orang. Bahkan bukan hanya berlaku bagi remaja atau orang dewasa, kini anak-anak dan orangtua juga memanfaatkannya. Mungkin Anda juga sering menerapkan media sosial, bukan? Alangkah baiknya, menerapkan adab dalam menjalankan sosial media sehingga terhindar dari penipuan atau pelecehan. Berikut penjelasan selanjutnya.

Begini Cara Memanfaatkan Media Sosial

Menggunakan media sosial tentu saja bukan hal baru bagi masyarakat Indonesia. Mengingat penggunaan jejaring sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya sudah merambah ke kalangan manapun. Apalagi Anda semua kini telah hidup di zaman modern dengan serba digital. Dimana penggunaan gadget sudah digunakan siapapun, dari lapisan masyarakat atas, hingga lapisan menengah ke bawah. Nah, begini cara memanfaatkan media sosial secara bijak dan cerdas.

  1. Gunakan Identitas Asli
    Ada baiknya Anda memasang identitas asli pada akun media sosial. Hal ini berfungsi untuk membantu Anda agar bisa menjalin tali silahturahmi dengan banyak orang atau sabahat lama. Bahkan akan mempermudah orang lain untuk menemukan Anda dalam berkomunikasi. Di samping itu, pihak Facebook juga tidak akan memberikan persetujuan akun jika menggunakan identitas palsu, seperti akun bisnis untuk akun pribadi.
  2. Filter Pertemanan
    Saat Anda menggunakan media sosial, jangan sampai Anda menambahkan atau menerima pertemanan yang memungkinkan efek negatif. Pasalnya akan berguna untuk melindungi diri Anda dari tindakan kejahatan saat ini. Karena sekarang ini banyak pula terjadi kejahatan secara online, mulai dari penculikan, pemerasan, hingga pelecehan seksual.
  3. Pasang Foto Profil Sewajarnya
    Foto profil adalah hal yang biasanya seringkali dilihat oleh orang lain di jejaring media sosial. Karena foto inilah, maka dapat memberikan identitas, sehingga memudahkan orang lain ataupun sahabat untuk menemukan Anda. Tidak hanya itu, Anda juga harus gunakan foto profil sewajarnya tanpa ada hal-hal negatif.
  4. Pikir Dahulu Saat Membuat Status
    Anda sebaiknya tidak membuat status dengan memancing pihak lain, sehingga tidak perlu merespon komentar negatif. Hal ini karena banyak sekali hal buruk atau tidak bermanfaat untuk dijadikan sebagai status. Jadi, silahkan buat status yang mungkin berguna bagi teman-teman Anda di sosial media. Jangan sekali-kali melakukan perdebatan antar pertemanan.
  5. Pastikan Akun Memiliki Perlindungan
    Pastinya Anda seringkali melihat akun orang diretas oleh orang lain yang tidak bertanggungjawab. Setidaknya, akun Anda memiliki perlindungan atau proteksi secara baik dengan kata sandi. Dengan begitu, kemungkinan kecil orang tak dikenal tidak mengetahui akun Anda. Selain itu, Anda juga harus menggunakan media sosial berupa lapisan keamanan lain agar terasa lebih aman dan nyaman.

Langkah Jitu Atasi Ketagihan Media Sosial

Bagi sebagian orang bermain medis sosial adalah sesuatu yang sangat menyenangkan. Betapa tidak, Anda tidak perlu berpikir dan bisa mendapatkan berbagai informasi dengan mudah. Namun ingat, jika terlalu sering memainkan sosial media akan berdampak kurang baik baik bagi rohani maupun jasmani, selain akan memboroskan kuota internet. Adapun cara paling jitu atasi ketagihan media sosial adalah sebagai berikut.

  1. Segera Matikan Jaringan Internet
    Menghindari diri dari ketagihan media sosial adalah jangan mengaktifkan jaringan internet. Meskipun akan sangat membosankan bagi Anda, tetapi Anda harus melakukannya. Cobalah tahan rasa atau hasrat nafsu Anda untuk bermain di jejaring sosial. Karena dengan memainkan media sosial, maka Anda tidak akan bisa bermain secara leluasa.
  2. Jauhkan Perangkat Smartphone
    Anda harus selalu menjauhkan diri dari kebiasaan menggunakan media sosial sebagai antisipasi ketagihan bermain media sosial. Anda dapat melakukan aktivitas lain, seperti berolahraga, bermain di luar, atau membaca buku. Pastikan Anda memanfaatkan waktu luang dengan hal-hal yang bersifat positif. Tentu saja, Anda menjauhkan smartphone dari jangkauan Anda sendiri karena ponsel memang memiliki aplikasi media sosial.
  3. Berikan Jam Khusus Bermain Sosmed
    Demi menghindarkan diri Anda dari berbagai media sosial,terutama saat bekerja. Karenanya, Anda diharuskan memberikan jam khusus untuk bermain medsos atau sosmed. Paling tidak Anda dapat lepas dari akun media sosial dalam satu hari. Jadi cukup bermain jejaring sosial sewajarnya untuk memperoleh informasi terbaru.

Jangan Lakukan Ini saat Bermain Medsos

Ada berbagai pengguna medsos yang seringkali menyalahkan gunakan  akun orang lain. Pastinya menggunakan media sosial secara cermat dan bijak adalah hal yang diterapkan. Jangan sampai Anda terpengaruh berita yang kurang baik atau kasus hoak. Bahkan menuai fitnah yang merajalela semakin merambah ke jejaring sosial. Sebaiknya, jangan lakukan ini saat Anda bermai medsos.

  1.   Banyak Akun Palsu
    Media sosial menjadi ajang interaksi secara online dan menyeluruh dari berbagai orang di dunia. Namun pihak Facebook, pada awal tahun 2018 mengumumkan bahwasanya sebagian besar para penggunanya memiliki akun kloningan atau akun palsu. Parahnya lagi presentase akun duplikat hingga sebanyak 10 % dan akun palsu sebesar 4 % dari jumlah pengguna aktif Facebook.
  2. Muncul Tindak Kejahatan
    Anda harus tahu bahwa tidak semua orang di media sosial memiliki sifat yang baik. Pasalnya banyak kasus orang yang memang tak bertanggungjawab atas penggunaan media sosial. Mulai dari kejahatan, penipuan, dan pelecehan seksual online. Selain itu, Anda juga bisa jadi bahan bulliying di media sosial atau bahkan penipuan.

Setelah Anda tahu media sosial dirasa sangat memberikan informasi bermanfaat, tetapi berdampak buruk bagi yang kecanduan. Karena itulah, Anda harus tahu tips cerdas menggunakan media sosial secara bijak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here