Simak 8 Perbedaan Kinerja Perangkat Penyimpanan SSD VS HDD Berikut Ini!

2457

Di era teknologi seperti sekarang ini, perkembangan teknologi semakin pesat dan tidak dapat dihentikan. Setiap menitnya selalu ditemukan sebuah teknologi yang mampu membuat Anda terbelalak dan terpukau.  Sehingga tidak mengherankan jika banyak juga orang yang merasa bingung harus menggunakan perangkat teknologi manakah yang akan digunakannya. Hal ini dikarenakan  sangking banyaknya pilihan yang tersedia.

Tidak seperti zaman dahulu, variasi  dan jenis-jenis perangkat yang tersedia hanya sebatas itu-itu saja. Sehingga pengguna mau tidak mau menggunakan perangkat yang tersedia. Bahkan kala itu harga yang ditawarkan sudah cukup mahal namun teknologi  yang dihasilkan tidak sebanding dengan saat ini. Akan tetapi tetap saja teknologi tersebut merupakan sebuah teknologi yang canggih saat itu.

Berbicara tentang salah satu temuan terbaru dalam dunia teknologi, dalam hal ini perangkat penyimpanan data, saat ini telah hadir sebuah perangkat penyimpanan data yang menggunakan beberapa IC sebagai memori yang dipakai. Perangkat penyimpanan data tersebut dikenal dengan nama SSD atau yang memiliki kepanjangan dari Solid State Drive.

Lalu apa yang membedakan antara SSD vs HDD? Bukankah Hard disk drive juga memiliki kemampuan yang sama dalam menyimpan sebuah informasi atau data tertentu. Kapasitas yang dimiliki pun cukup besar.

Mungkin saat ini hard disk drive lebih banyak dikenal oleh masyarakat karena memang sudah ditemukan dan digunakan sejak lama. Sehingga popularitasnya sudah tidak usah diragukan kembali. Akan tetapi, sejak ditemukannya SSD, sepertinya popularitas HDD mulai meredup. Hal ini terbukti, saat ini misalnya saja Anda sedang mencari sebuah ultrabook terbaru maka penjual akan menawarkan akan menggunakan hardisk biasa ataukah menggunakan SSD.

Jika Anda masih bingung membedakan antara  SSD vs HDD, sebaiknya simak penjelasan berikut. Agar nantinya Anda lebih paham mengenai kedua jenis perangkat penyimpanan data tersebut, sehingga Anda tidak akan ragu lagi dalam memilih jenis perangkat penyimpanan data manakah yang ingin Anda pakai.

  Membuat Tulisan Terbalik di Facebook, Blog, Website, MS Word dll

Perbedaan SSD Vs HDD

Pada era tahun 90-an, Hard Disk drive merupakan sebuah perangkat data yang paling canggih saat itu. HDD atau hardisk biasa memiliki kemampuan untuk menyimpan dan membaca sebuah informasi atau data dalam jumlah yang cukup besar. Cara kerjanya dengan cara mekanik dengan memiliki komponen di dalamnya yang mampu bergerak untuk mencatat dan membaca sebuah data atau informasi tertentu.

Dahulu, hardisk memiliki ukuran yang sangat besar hingga akhirnya Hardisk dimutakhirkan menjadi bentuk persegi yang memiliki ukuran yang dapat disesuaikan dengan ukuran laptop atau komputer saat ini. Lebih ramping dan simpel.

Seiring perkembangan zaman, ditemukan juga perangkat penyimpanan data yang sudah dijelaskan di atas yaitu SSD. SSD dianggap memiliki kemampuan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan HDD. Nah berikut ini perbedaan antara SSD vs HDD. Check it out!

  1. Konsumsi Daya

Antara SSD vs HDD memiliki perbedaan yang cukup signifikan meskipun memiliki fungsi yang sama yaitu untuk membaca dan menyimpan sebuah data. SSD membutuhkan daya sebesar 2 hingga 3 watt saja, sedangkan HDD mengonsumsi daya sebesar 6-7 watt.

Jika Anda ingin menghemat penggunaan daya, alangkah lebih baiknya jika Anda menggunakan laptop atau Personal Komputer dengan perangkat penyimpanan SSD. Karena daya yang digunakan lebih sedikit dan lebih hemat.

  1. Kapasitas

Jika dibandingkan antara SSD vs HDD, Hard Disk Drive memiliki kapasitas yang lebih unggul jika dibandingkan dengan Solid State Drive. Hard Disk Drive memiliki kapasitas 500 GB hingga 2TB pada laptop dan 10 TB pada desktop. Sementara Solid State Drive hanya memiliki kapasitas kurang dari 1TB pada laptop dan 4 TB pada desktop.

  1. Kebisingan
  Download font Nature (alam) keren

Perbedaan SSD vs HDD yang ketiga adalah tingkat kebisingan yang diciptakan. Saat perangkat penyimpanan tersebut digunakan apakah menimbulkan suara yang mengganggu atau tidak.

HDD karena menggunakan komponen yang bergerak untuk membaca dan menulis data di atas sebuah piringan magnetic maka akan menimbulkan suara berisik saat digunakan. Berbeda halnya dengan SSD yang menyimpan data dalam bentuk microchips yang bekerja secara elektrik maka tidak menimbulkan suara apapun atau dalam kata lain SSD tidak mengganggu karena bekerja secara senyap atau tenang.

  1. Kecepatan Membuka File

Kecepatan dalam membuka file antara SSD vs Hdd tentu lebih cepat SSD. Hal ini dikarenakan file yang tersimpan di dalam SSD berbentuk microchip tanpa harus membuka dan membaca piringan magnetic terlebih dahulu seperti halnya cara kerja HDD.

  1. Tingkat keamanan

Tingkat keamanan pada Solid State Drive lebih aman jika dibandingkan dengan Hard Disk Drive. Piringan magnetic yang berada di dalam HDD sangat rentan rusak, sehingga data yang berada di dalamnya pun juga akan mengalami kerusakan bahkan bisa hilang saat magnet tersebut mengalami kerusakan.

Sedangkan pada SSD, menggunakan flash memori jenis Non-Volatile yang bisa menyimpan data walaupun dalam keadaan tegangan tinggi. Hal ini merupakan sebuah prinsip utama yang dimiliki dari sebuah perangkat penyimpanan yang bersifat permanen.

Meskipun awalnya banyak yang meragukan ketahanan dari media penyimpanan data jenis ini, akan tetapi telah terbukti bahwa sebuah data mampu bertahan hingga ratusan tahun lamanya. Misalnya saja SSD merek Samsung yang mampu bertahan hingga 200 tahun.

  Apa Itu SSD? Lalu Apa Perbedaannya Dengan HDD? Simak Jawabannya disini

  1. Menghasilkan panas atau Tidak

SSD vs HDD juga bisa diketahui dari saat digunakan, apabila menghasilkan panas berarti laptop atau komputer yang Anda gunakan menggunakan hardisk biasa atau HDD. Karena SSd tidak menghasilkan panas.

Selain tidak menghasilkan panas, SSD juga tidak menghasilkan getaran. Hal ini terjadi karena SSd tidak memiliki komponen yang bergerak di dalamnya. Sedangkan pada HDD terdapat komponen yang bergerak di dalamnya sehingga tidak mengherankan jika terjadi sebuah getaran saat dipakai.

  1. Kecepatan Baca atau Tulis Data

Biasanya SSD memiliki kecepatan hingga 200 MB per second, bahkan dalam seri tercanggihnya mampu memiliki kecepatan baca tulis data hingga 550MB per second. Sedangkan kecepatan membaca dan menulis HDD mencapai 50 hingga 120 MB per second saja. Kalah jauh dengan SSD.

  1. Waktu Booting

Saat membuka system operasi, laptop yang menggunakan SSD memiliki kemampuan booting lebih cepat jika dibandingkan dengan HDD. SSD hanya membutuhkan 10 hingga 13 detik untuk booting sedangkan  HDD membutuhkan waktu hingga 30-40 detik untuk booting.

Nah itulah beberapa perbedaan yang terdapat antara SSD vs HDD. Dalam kinerja penyimpanan data Solid State Drive lebih unggul jika dibandingkan dengan Hard Disk Drive.  Namun tentu saja harga yang ditawarkan juga pasti lebih mahal.

Oleh karena itu, Anda bisa memilih jenis Laptop atau komputer yang menggunakan HDD atau SSD. Keduanya sama-sama memiliki kemampuan penyimpanan data yang baik. Sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tergantung budget dan selera Anda yang akan menentukan untuk jatuhkan pilihan yang mana antara SSD vs HDD.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here