Bagi Anda pecinta game tentu akan merasa menyebalkan jika saat tengah asik-asiknya bermain malah komputer atau laptop yang Anda gunakan mengalami lag. Hal ini erat kaitannya dengan processor yang Anda gunakan.

Processor adalah suatu komponen terpenting dalam sebuah personal komputer atau PC, karena processor merupakan otak dari sebuah komputer. Terlebih lagi sebuah komputer gaming. Komputer Gaming  memerlukan sebuah processor dengan kemampuan yang sangat tinggi. Karena game saat ini memiliki gameplay dan grafis yang memerlukan kinerja processor yang optimal supaya tidak terjadi lag bahkan hang saat bermain game.

Processor yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini adalah Intel atau AMD. Namun sayangnya, hingga saat ini masih banyak yang bingung membedakan antara AMD VS Intel. Sehingga seringkali terjadi kesalahan saat membeli laptop atau komputer jenis tertentu. apalagi jika Anda hobi game, tentu saja akan membutuhkan komputer dengan processor berkualitas tinggi.

Sebenarnya antara  AMD VS Intel sama-sama memiliki kualitas yang baik. Seperti halnya pabrikan sebuah mobil, keduanya memiliki kelas tersendiri. Saat ini cukup sulit untuk membedakan keduanya karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang hampir sama. Sehingga tidak mengherankan jika  banyak yang merasa bingung untuk memilih AMD VS Intel ini.

Nah berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan antara AMD VS Intel, terlebih untuk laptop gaming. Setelah sebelumnya Intel pernah dikalahkan Amd  untuk game DOTA, war atau game online lainnya, akan tetapi saat ini sepertinya reputasi tersebut sudah direbut kembali oleh Intel. Intel telah melahirkan generasi Intel Sandy Bridge untuk bisa menandingi processor AMD Athlon XP 2500 yang cukup populer di kalangan pecinta game.

  Membuat Tulisan Terbalik di Facebook, Blog, Website, MS Word dll

Untuk bisa menentukan lebih baik mana antara AMD VS Intel untuk game, mari terlebih dahulu simak satu-satu dari kekurangan dan kelebihan masing-masing. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing dari processor AMD VS Intel.

[postingan number=5 tag=”Hardware,AMD,Intel,Komputer” ]

KELEBIHAN Intel

  1. Memiliki Kemampuan Pengatur Suhu yang Sudah Tidak Diragukan Lagi

Salah satu rahasia awet processor Intel adalah karena memiliki kemampuan pengatur suhu dengan baik. Sehingga apabila processor sudah dianggap panas, secara otomatis akan mengurangi kinerjanya. Sehingga tidak mudah rusak.

  1. Unggul Merek

Siapa sih yang tidak mengenal Intel. Intel sudah terlebih dahulu di hati masyarakat. Nama atau brand yang baik telah dimiliki Intel sejak dahulu. Sehingga lebih banyak yang menggunakan Intel jika dibandingkan dengan Amd, meskipun Amd memiliki harga yang murah dengan kualitas yang bisa dibilang sama.

  1. Tidak Berisik

Kelebihan Intel selanjutnya adalah processor Intel dalam bekerja tidak berisik atau tidak mengeluarkan suara yang mengganggu dan bising. Hal ini dikarenakan Intel menggunakan heatsink. Apabila Intel menggunakan kipas maka tentu saja akan bising juga.

KELEMAHAN Intel

  1. Harga Intel Lebih Mahal Jika Dibandingkan dengan AMD

Hal pertama yang bisa dilihat secara mudah yang membedakan antara Intel dan Amd terlihat dari harga yang ditawarkan. Harga processor dari Intel bisa dikatakan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan kelas yang sama processor milik AMD. Akan tetapi, meskipun Intel bisa dibilang lebih mahal, pangsa pasar Intel lebih tinggi jika dibandingkan dengan Amd.

Intel memiliki nama atau brand yang dikenal oleh masyarakat memiliki kualitas yang baik. Bisa dibilang masyarakat sudah terlanjur cinta dengan Intel, meskipun harganya mahal tetap saja akan diperjuangkan.

  1. Dari Segi Grafis
  Tips Membuat Shortcut Pengunci Layar Kompuer

Bagi para gamer, apalagi game online zaman now tentu saja memiliki gameplay dan grafis yang berkualitas tinggi. Nah, jika dibandingkan dengan Amd, Intel kalah dalam hal ini. Oleh karena itu, jika Anda memang membeli komputer untuk game sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu jika akan membeli Intel.

  1. Desain Processor yang Menyatu Dengan Motherboard

Salah satu kelemahan Intel yang merugikan konsumen adalah desain processor yang menyatu dengan motherboard. Nah, apabila terjadi kerusakan pada processor, maka mau tidak mau pembeli juga akan mengganti motherboardnya, yang tentu saja biaya yang akan dikeluarkan semakin meningkat.

KELEBIHAN AMD

  1. Harga yang Lebih Murah

AMD VS Intel yang paling terlihat utama adalah masalah harga. Harga Amd jauh lebih murah jika dibandingkan dengan Processor Intel. Meskipun memiliki kelas processor yang sama. Dengan kelebihan inilah meskipun Amd kalah brand akan tetapi tetap bisa bersaing dengan Intel di pasar.

  1. Lebih Aman Terhadap Virus

Seiring kali sebuah komputer atau laptop rusak dikarenakan terkena virus. Nah, jika Anda menginginkan laptop Anda aman dari serangan virus, Anda bisa memilih komputer atau laptop dengan processor AMD. Karena, Amd memiliki kemampuan mendeteksi keberadaan virus lebih tinggi jika dibandingkan dengan Intel.

Ketika Amd mendeteksi sebuah virus pada sebuah program maka program tersebut tidak bisa dijalankan. Pengguna akan lebih mengetahui keberadaan virus karena kemampuan Amd tersebut, sehingga bisa segera diatasi.

  1. Unggul Dalam Bidang Grafis

AMD VS Intel memang memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.salah satu keunggulan Amd adalah unggul dalam bidang grafis. Sehingga bagi Anda pecinta game, komputer dengan processor Amd sangat disarankan.

  Trik Mengubah Warna Folder Dengan Folder Colorizer

Processor Amd memiliki kemampuan support terhadap grafis dari game-game online yang sekarang sedang banyak berkembang. Salah satu processor Amd yang paling populer di kalangan gamer adalah processor AMD Athlon XP 2500. Processor inilah yang mampu mengalahkan processor Intel yang tidak mampu support terhadap game-game saat ini seperti Warcraft, Dota dan lain sebagainya.

KELEMAHAN AMD

  1. Cepat Panas

Berbicara tentang AMD VS Intel, kelemahan Amd yang pertama adalah tidak menggunakan heatsink seperti Intel. Sehingga tidak mengherankan jika Amd akan lebih panas, karena tidak memiliki pengatur suhu otomatis melainkan menggunakan kipas. Selain itu, Anda juga akan lebih berisik dengan suara kipasnya.

  1. Kalah Brand

Kehadiran Intel yang lebih dahulu, membuat Intel lebih dikenal oleh masyarakat. Hal inilah yang menyebabkan Amd kalah pamor atau brand jika dibandingkan dengan Intel. Reputasi Amd belum terlalu dikenal masyarakat meskipun memiliki kualitas yang sama dengan Intel, bahkan harganya yang lebih murah.

  1. Kalah Dibidang Multimedia

Dalam bidang multimedia, sering kali harus melakukan rendering. Nah, pada bidang ini, Amd kalah jika dibandingkan dengan Intel.

Nah itulah beberapa kelebihan dan kelemahan AMD VS Intel. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan memberikan wawasan sebelum menentukan processor mana yang terbaik untuk game. Saat ini pun Intel sudah menghadirkan generasi Intel Sandy Bridge yang juga memiliki kemampuan yang bagus untuk grafis.

Masalah lebih baik mana antara AMD VS Intel, tergantung selera Anda. Anda juga bisa mempertimbangkan budget yang Anda miliki, jika budget Anda mencukupi, Anda bebas memilih keduanya. Jika tidak, maka sesuaikan dengan budget Anda dengan memilih processor sesuai dengan kebutuhan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here