Arman Ngeblog sejak tahun 2010

Cara Scan Barcode dan Kode QR di HP Sendiri

1 min read

cara scan barcode

Barcode dan Kode QR merupakan sebuah simbol atau sekumpulan kode yang berisi informasi seperti harga produk, alamat website, kata sandi wifi, alamat rumah, sosial media, email, kontak atau informasi-informasi lainnya.

Mungkin kamu sudah sering melihat barcode dan kode QR di berbagai tempat seperti di Website, WhatsApp, Line, kemasan produk, brosur, spanduk, atau gambar barcode dan kode QR di dalam HP sendiri.

Nah, pertayaanya bagaimana sih cara scan barcode dan kode QR di HP sendiri agar informasi di dalamnya bisa terbaca?

Untuk mengetahui informasi yang ada di dalam barcode dan kode QR kamu hanya perlu melakukan scan dengan alat pemindaian melalui HP.

Sebelum melakukan scan barcode atau kode QR di HP sendiri, ada baiknya kamu ketahui dulu perbedaan antara Barcode dan kode QR.

Perbedaan Barcode dan Kode QR

Barcode dan kode QR merupakan dua kode yang memiliki fungsi hampir sama untuk menyimpan sebuah informasi. Namun untuk Barcode lebih diperuntukkan untuk menyimpan informasi dengan kapsitas yang kecil, sebaliknya Kode QR (Quick Response) digunakan untuk data berkapasitas besar.

Kode QR sendiri merupakan bentuk evolusi dari Barcode dari satu dimensi ke dua dimensi. Dari segi bentuk keduanya sangat berbeda. Kode QR memiliki bentuk persegi empat dengan tiga kotak-kotak kecil di ketiga sudutnya.

Barcode berbentuk batang-batang lurus dengan ukuran yang berbeda-beda, itulah sebabnya kenapa Barcode sering disebut kode batang. Barcode biasanya sering ditemukan di kemasan produk atau di sampul belakang buku.

Cara Scan Barcode dan Kode QR di HP sendiri

Untuk melakukan scan Barcode dan kode QR sederhananya kita hanya perlu menggunkan aplikasi pemindai dan mengarahkan kamera pada gambar Barcode atau Kode QR.

Tapi, bagaimana jika gambar Barcode dan kode QR yang akan dipindai ada di dalam HP sendiri?

Berikut beberapa aplikasi pemindai yang bisa kamu gunkanan untuk membaca informasi Barcode dan Kode QR di dalam HP Sendiri.

1. Cara Scan Barcode dan Kode QR di Android

QR & Barcode Scanner
QR & Barcode Scanner
Developer: Gamma Play
Price: Free

Aplikasi pemindai ini telah di unduh lebih dari 100 juta kali, dengan ukuran aplikasi sekitar 5MB kamu bisa membuat Kode QR sendiri dan memindai Barcode atau Kode QR yang ada di dalam HP atau di media lain.

Cara menggunkannya:

  1. Download QR & Barcode Scanner
  2. Setelah terdownload buka aplikasinya
  3. Pilih ikon gambar galeri
  4. Kemudian cari dan pilih gambar Barcode atau QR kode yang tersimpan di galeri
  5. Secara otomatis informasi dalam Barcode atau kode QR akan terbaca.

Jika Barcode dan Kode QR yang akan kamu pindai ada di sebuah halaman website, cukup screenshot gambar Barcode tersebut agar tersimpan di galeri, kemudian lakukan langkah-langkah diatas.

Baca juga : Cara Mengambil Screenshot pada Perangkat Android

2. Cara Scan Barcode dan Kode QR di Iphone

‎QR Code & Barcode Scanner
‎QR Code & Barcode Scanner
Developer: TeaCapps
Price: Free+

Jika kamu menggunkan HP Iphone kamu bisa menggunakan aplikasi QR Code & Barcode Scanner, di aplikasi ini kamu bisa membuat Kode QR sendiri dan memindai kode QR atau Barcode melalui gambar di galeri.

Cara Scan Barcode dan QR di HP Iphone

  1. Buka aplikasi QR Code & Barcode Scanner
  2. Pilih ikon Galeri
  3. Kemudian cari dan pilih gambar Kode QR atau Barcode di Galeri
  4. Selanjuntya gambar di pindai
  5. Setelah selesai, informasi yang ada di dalamnya akan ditampilkan.

Cara melakukan scan Barcode dan QR di HP Iphone dan Android cukup mudah bukan, kamu hanya perlu menggunkan aplikasi pemindai yang mendukung pemindaian langsung dari HP sendiri, seperti aplikasi diatas.

Arman Ngeblog sejak tahun 2010

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *