Arman Ngeblog sejak tahun 2010

Cara Menjumlahkan di Excel Ke Bawah dan Ke Samping

1 min read

Cara Menjumlahkan di Excel

Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolahan data yang paling banyak dan sering digunakan untuk mengelola data berupa angka.

Fitur-fitur pengolahan data di Excel memang sangat lengkap tapi sebagai pemula tentu akan kesulitan menggunkannya, termasuk hal sederhana sekalipun seperti penjumlahan di Excel.

Sebenarnya cara menjumlahkan di Excel sangat mudah, bisa dilakukan tanpa rumus, yaitu dengan cara memblok data ke bawah atau kesamping.

Cara menjumlahkan di Excel dengan memblok data ke bawah dan ke samping merupakan cara yang paling umum digunakan. Cara ini termasuk paling cepat dan otomatis dari pada menggunkan rumus.

Nah, untuk mengetahui lebih detail cara menjumlahkan data di Excel secara otomatis dan cepat, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga : Cara Membuat Grafik di Word

Cara Menjumlahkan di Excel

Metode penjumlahan ke bawah dan ke samping ini tergantung dengan bentuk data kamu di Excel, data yang berurutan ke bawah dalam satu kolom dijumlahkan ke bawah dan data yang berurutan ke samping dalam satu baris di jumlahkan kesamping.

Sebagai contoh, berikut contoh data di Excel yang akan kita jumlahkan:

Dari data di atas kita bisa lihat pada kolom TOTAL dan baris JUMLAH nilainya masih kosong, untuk mengisi nilai hasil penjumlahah dari tabel di atas kita akan menggunakan metode penjumlahan ke bawah pada baris JUMLAH dan penjumlahan ke samping pada kolom TOTAL.

Cara Menjumlahkan Ke Bawah

Menjumlahkan data ke bawah atau penjumlahan per kolom dengan cara memblok seluruh data ke bawah hingga ke baris JUMLAH.

Caranya:

  1. Klik dua kali dan tahan kemudian tarik dari data paling atas hingga ke baris JUMLAH
    cara menjumlakan ke bawah di excel
  2. Kemudian klik tombol pada tab HOME, maka hasilnya seperti di bawah ini
    cara menjumlahkan ke bawah di Excel

Jika ingin lebih cepat, kamu bisa memblok sekaligus seluruh data penjualan dari bulan Januari ke bulan April hingga ke baris JUMLAH, kemudian klik tombol AutoSum sehingga seluruh data akan terjumlahkan secara otomatis, seperti pada gambar di bawah.

Cara Menjumlahkan Ke Samping

Cara menjumlahkan data secara otomatis ke samping bisa dilakukan apabila data berada pada baris yang sama, seperti contoh data di atas.

Seperti pada data di atas kita akan mengisi nilai hasil penjumlahan pada kolom TOTAL dengan cara menjumlahkan setiap data di baris yang sama ke arah samping kanan.

Caranya:

  1. Klik dua kali dan tahan kemudian tarik dari data paling kiri hingga ke kolom TOTAL
    cara menjumlahkan ke samping di Excel
  2. Kemudian klik tombol , dan secara otomatis akan terjumlahkan.
    cara menjumlahkan ke samping

Sama dengan cara sebelumnya jika kamu ingin lebih cepat menjumlahkan data yang jumlahnya banyak sekaligus, cukup dengan memblok seluruh data dari paling kiri hingga ke kolom TOTAL dan klik AutoSum.

Akhir Kata

Cara menjumlahkan data di Excel tidak selalu harus menggunakan rumus seperti yang telah di jelaskan di atas, cukup gunakan metode penjumlahan ke bawah dan ke samping, cara ini merupakan cara paling cepat yang bisa kamu gunakan. Semoga bermanfaat.

Arman Ngeblog sejak tahun 2010

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *