Arman Ngeblog sejak tahun 2010

Cara Membuat Pas Foto tanpa Photoshop

2 min read

Pas foto sering kali kita gunakan untuk melengkapi berkas adminsitrasi, seperti persyaratan bukuh nikah, melamar pekerjaan, seleksi CPNS, kartu pelajar dan lain-lain.

Bahkan terkadang keperluan pas foto ini bisa jadi sangat mendesak suatu waktu untuk digunakan dan tak sempat lagi ke percetakan foto.

Perlu diketahui juga di era yang serba digital sekarang ini menggunakan pas foto tidak harus lagi hasil prin out-nya (dicetak di kertas foto) yang digunakan melainkan kita hanya membutuhkan sebuah file foto dengan format .jpg atau .png untuk melengkapi berkas persyaratan online, seperti pendaftaran CPNS.

Jika yang dibutuhkan hanya file-nya saja, hal ini cukup mudah karena kita bisa membuatnya sendiri dari laptop atau HP yang ada.

Sebelum kita lanjut ke tutorial cara membuat pas foto di hp sebaiknya kita kenali dulu ukuran pas foto yang biasa digunakan. Biasanya ada 3 (tiga) ukuran yang umum digunakan yaitu 2×3, 3×4 dan 4×6 dalam satuan centimeter (cm).

Berikut beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk membuat pas foto dari HP dan Laptop, baik secara offline maupun online.

Cara Membuat Pas Foto Online

Cara membuat pas foto yang pertama hanya dalam hitungan detik walaupun anda tidak memiliki kemampuan editing sekalipun.

Tanpa perlu mendownload aplikasi apapun, cukup menggunakan HP atau laptop, dengan syarat anda harus terhubung ke internet.

Biasanya hal yang paling sulit dalam membuat pas foto adalah menghapus background dan juga membutuhkan aplikasi editing khusus serta kemampuan dalam menggunakan aplikasinya.

Namun dengan memanfaatkan tool online ini kita bisa menghapus background dalam hitungan detik dan sekaligus menambahkan latar warna pada foto.

Bagaimana cara membuatnya? simak tutorialnya dibawah ini.

Siapkan fotonya, disini saya sudah menyiapkan foto dengan ukuran 3×4 yang sudah saya crop (potong), lihat disini cara crop foto ke ukuran 2×3, 3×4 dan 4×6.

Pertama buka websitenya di www.remove.bg

Selanjutnya pilih Edit kemudian pilih pada tab Background color

Pilih warna latar foto kemudian download hasilnya.

Membuat pas foto secara online ini sangat cepat dan mudah tanpa perlu melakukan proses seleksi gambar, selain itu tool online ini bisa digunakan disemua perangkat yang dapat terhubung kejaringan internet.

Foto yang dihasilkan berukuran maksimal 500×500 px dan ini sudah cukup bagus untuk ukuran sebuah pas foto.

Membuat Pas Foto Offline dari HP

Cara yang kedua ini kita membutuhkan bantuan sebuah aplikasi untuk membuat pas foto secara offline.

Aplikasi yang kita gunakan cukup sederhana dan bisa berjalan dengan baik, kemampuan aplikasi ini cukup baik untuk membuat pas foto dengan latar warna yang bisa langsung kita sesuaikan.

Fitur keren yang juga terdapat pada aplikasi ini yaitu seleksi otomatis untuk menghapus background. Jadi kita tidak ribet lagi menyeleksi manual.

Download aplikasinya disini.

Siapkan fotonya dengan ukuran pas foto yang kamu inginkan, foto yang akan saya edit disini berukuran 3×4. Untuk memotong foto agar sesuai ukuran pas foto baca disini.

Buka aplikasinya dan pilih foto yang akan diganti latarnya.

Pilih tool yang sebelah kiri bawah untuk menyeleksi otomatis. (latar foto berwarna pink transparan adalah objek yang telah terseleksi)

Pilih warna latar pada tab menu warna diatas.

Klik dan tahan tombol konfirmasi di pojok kanan bawah untuk melihat review hasilnya. Jika sudah pas pilih selanjutnya > simpan

Cara Crop Foto

Untuk memotong foto agar sesuai dengan ukuran sebuah pas foto kita membutuhkan sebuah aplikasi Rubah Ukuran, untuk medownloadnya di palystore silahkan klik disini.

Buka aplikasinya kemudian tentukan satuan dan ukurannya, disini kita pakai satuan CM.

Masukkan fotonya dengan klik ikon di sudut kiri atas, kemudian seuaikan posisi fotonya menggunakan jari kamu, untuk memperbesar, memperkecil atau memutar foto gunakan dua jari.

Simpan dengan mengklik ikon download di sudut kiri bawah.

Kesimpulan

Dari dua cara membuat pas foto diatas, saya paling suka cara pertama yang secara online, karena untuk hasil dan kualitasnya lebih bagus dan cepat.

Arman Ngeblog sejak tahun 2010

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *