Arman Ngeblog sejak tahun 2010

Cara Jualan di WhatsApp Bisnis

1 min read

cara jualan di whatsapp bisnis

Jika biasanya kamu hanya menggunakan Whatsapp biasa untuk promosi dan jualan, ada baiknya mulai sekarang kamu menggunakan Whatsapp Bisnis untuk usaha jualan online.

Ada banyak kelebihan yang bisa kamu dapat dengan menggunakan Whatsapp Bisnis dibandingkan dengan aplikasi Whatsapp Messengger biasa untuk berjualan.

Aplikasi WA Bisnis memang dikhususkan untuk kemudahan transaksi antara penjual dan pembeli dilengkapi dengan beberapa fitur keren, seperti pesan auto reply dan katalog jualan.

Jika kamu sudah terbiasa menggunakan Whatsapp Messenger biasa, tentu tidak akan sulit mempelajari cara jualan di Whatsapp Bisnis.

Aplikasi Whatsapp Bisnis dan Whatsapp Messengger keduanya bisa di instal bersama di hp yang sama. Jadi sebaiknya jika kamu benar-benar ingin menggunakan WA Bisnis gunakanlah nomor khusus untuk WA bisnis.

Menggunakan nomor pribadi sebagai nomor WA Bisnis sangat tidak cocok walaupun bisa. Bagaimana jadinya jika kamu menerima pesan pribadi dan di balas dengan pesan otomatis.

Fitur-Fitur WhatsApp Bisnis Untuk Berjualan

Untuk masuk ke menu fitur bisnis pilih ikon menu di sudut kanan atas kemudian pilih Fitur bisnis. Berikut adalah beberapa fitur yang bisa kamu gunakan untuk berjualan menggunakan aplikasi Whatsapp Binis.

1. Profil Bisnis

Pada halaman profil bisnis kamu dapat mengelola deskripsi toko, kategori jualan, alamat, jam kerja dan situs web.

2. Katalog

Disini kamu bisa menampilkan produk dan layanan secara lengkap, seperti gambar produk, deskripsi produk dan harga produk.

3. Pesan di Luar Jam Kerja

Setelah mengatur hari dan jam kerja di halaman profil bisnis, di fitur perpesanan ini kamu bisa membuat pesan otomatis. Fitur ini akan membalas secara otomatis pesan yang masuk di luar jam kerja.

4. Salam

Fitur salam digunakan untuk menyambut pelanggan baru dengan pesan sambutan yang bisa kamu atur sendiri.

5. Balas Cepat

Beberepa pesan yang sama mungkin akan dikirim secara berulang ke beberapa pelanggan, dari pada repot copy paste lebih baik gunakan fitur ini.

Dengan fitur balas cepat kamu bisa membuat pesan dengan kode pintasan di awali tanda garis miring (/). Untuk mengunakan fitur ini silahkan buat dahulu isi pesan dan kode pintasan.

6. Label

Fitur label digunakan untuk mengelola pelanggan, kamu bisa memberi label yang berbeda pada setiap pelanggan. Misal, Pelangan baru, Telah membayar, Pesanan baru, Pesanan selesai dan lain-lain.

7. Tautan Pendek

Tautan pendek digunakan untuk mengundang pelanggan untuk chat langsung ke wa bisnis melalui sebuah link tautan tanpa harus menyimpan nomor kita. Link tautan ini bisa kamu gunakan saat promosi di Facebook atau Instagram.

Selain link tautan, kamu juga bisa mengundang pelanggan untu chat melalui sebuah Kode QR yang ada di fitur tautan ini.

Baca juga : Cara Membuat Link Whatsapp di Instagram

8. Facebook & Instagram

Agar jangkauan lebih luas dan terhubung satu sama lain, hubungkan akun jualan facebook dan instagram kamu dengan nomor Whatsapp Bisnis.

Itulah beberapa fitur Whatsapp bisnis yang bisa kamu gunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara lebih efisien serta membantu untuk mengembangkan bisnis kamu.

Arman Ngeblog sejak tahun 2010

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *