Anda harus tahu cara hemat baterai Android sekaligus pada saat proses pengecasan. Setidaknya agar berguna untuk mempertahankan usia gadget Anda, sehingga tidak mudah rusak.  Apalagi smartphone berbasis Android memiliki daya baterai yang cepat habis. Jangan sampai Anda pergi ke tempat  yang jauh atau saat berlibur, tiba-tiba ponsel mati karena harus mengisi  daya. Sebaiknya, lakukan langkah untuk mengatasi ponsel baterai cepat habis dalam mengecas. 

Cara Menghemat Baterai pada Android

Kebanyakan pengguna Android harus lebih bijak dalam menggunakan baterai smartphone. Pasalnya rata-rata baterai Android cepat habis, meskipun sudah dilakukan charge hingga berkali-kali. Karena itulah, penting bagi Anda untuk memahami tips hemat baterai smartphone seperti ulasan di bawah ini.

1. Charge Baterai Saat Lemah

Hindari melakukan charge baterai pada saat ponsel mulai melemah, bahkan hampir habis. Jika  daya baterai dalam kondisi 20%, sebaiknya segera isi baterai tersebut.  Hal tersebut akan sangat menguntungkan daripada harus menunggu daya baterai ponsel habis baru dilakukan charge. Selain itu, cara ini akan lebih efektif untuk menghindari kerusakan pada baterai  ponsel secara permanen.

2. Hindari Penggunaan Ponsel Saat di Charge

Kebiasaan yang sering dilakukan oleh pengguna saat bermain smartphone Android. Meskipun hal semacam ini tidak diperbolehkan, namun tak jarang pengguna yang tetap melakukan charge ponsel saat menggunakannya. Padahal cara semacam ini akan merusak baterai ponsel akibat proses mengecas yang bearti memasukan energi ke  dalam baterai, sehingga bisa dikatakan sebagai arus bolak-balik.  

  Cara Mengambil Screenshot pada Perangkat Android

3. Matikan Fitur Pintar Android

Tips cara hemat baterai Androidselanjutnya adalah coba sesekali mematikan fitur-fitur pintar pada perangkat Android yang Anda miliki. Beberapa fitur pintar seperti auto rotation (rotasi otomatis) membutuhkan daya baterai yang tidak sedikit. Apabila fitur tersebut jarang digunakan, sebaiknya matikan saja agar tidak menguras daya baterai ponsel Anda. Dengan begitu, jadi lebih hemat pemakain daya baterai smartphone. 

4. Batasi Pencahayaan Layar

Pencahayaan layar merupakan jenis fitur yang mengatur pencahayaan dari layar. Rupanya kecerahan layar akan sangat mempengaruhi cepat lamanya baterai habis. Hal ini terbukti jika ketajaman layar pada ponsel mencapai angka 90%, maka energi baterai akan terkuras habis. Jadi, pengguna diharapkan memperhatikan mode brightness agar lebih terkontrol secara efektif.

Baca juga : Tips Membeli Smartphone Flagship yang Banyak Dicari

Langkah Mengecas Baterai Smartphone

Menghemat baterai Smartphone adalah hal yang  selalu diinginkan para pengguna ponsel. Tetapi, sayangnya, sebagian penyebab baterai cepat habis karena kesalahan dalam melakukan pengecasan smartphone. Sebagai pengguna ponsel yang bijak pastinya harus lebih berhemat dalam pemakaian baterai smartphone. Inilah cara mengecas baterai smartphone agar cepat penuh tanpa aplikasi.

1. Matikan Smartphone

Ada kalanya anda mematikan smartphone ketika sedang mengecas baterai sehingga lebih efektif. Hal ini bertujuan agar semua aktifitas pada smartphone tidak bisa dilakukan, dimana pengguna hanya bisa menunggu hingga baterai penuh. Paling tidak tunggu sampai proses charging selesai (100%) atau hingga lampu LED berwarna hijau, tanpa baterai smartphone sudah penuh.

  4 Cara Memfokuskan Kamera HP Android

2. Gunakan Charger Original

Charger bawaan dari smartphone atau charger original yang tentu lebih berkualitas dibandingkan dengan charger lainnya. Hal ini karena arus yang dialirkan lebih stabil dibandingkan dengan charger KW. Paling tidak charger asli sudah disesuaikan dengan keadaan ponsel tersebut. Namun jika charger bawaan sudah rusak, sebaiknya anda tetap gunakan charger dengan kualitas dan kondisi yang masih bagus maupun memadai.

3. Sambungkan Ke Colokan Listrik

Alangkah baiknya Anda melakukan charger baterai dengan menyambungkan ke colokan listrik secara langsung agar lebih optimal. Hindari penggunaan charging dengan port USB. Pasalnya charging dengan port USB pada computer atau laptop pastinya akan sangat lama, hingga 3 jam baterai belum penuh sehingga memakan waktu juga.

Tips Menjaga Baterai Android Tidak Meledak

Jangan heran jika smartphone memiliki bahaya bagi setiap penggunanya. Beberapa kasus yang terjadi telah banyak kecelakaan akibat meledaknya sebuah smartphone. Hal tersebut memang benar-benar terjadi di suatu tempat. Bahkan mampu menimbulkan korban mengalami luka-luka, hingga menghilangkan nyawa. Selain Anda harus hemat baterai smartphone, penting bagi Anda menjaga baterai smartphone agar tidak mudah meledak, seperti berikut.

  Cara Amankan Ponsel agar Tidak Mudah Dibajak

1. Mengisi Baterai Secara Rutin

Anda harus secara rutin mengisi daya baterai pada smartphone agar tetap dalam keadaan prima. Alangkah baiknya jika anda mengisi daya baterai dengan teratur di setiap kali daya mulai habis. Biasanya untuk menjaga kapasitas daya baterai, usahakan jangan sampai baterai dalam keadaan kosong hingga ponsel pintar tersebut mati. Jangan sampai mengisi daya baterai terlalu lama, karena bisa memicu baterai mudah rusak dan rawan terjadi ledakan secara tiba-tiba.

2. Hindari Baterai Habis Terlalu Lama

Meskipun hal seperti ini sangat sepele dan kerapkali dilakukan para pengguna smartphone, yakni membiarkan ponsel dalam keadaan kosong di waktu yang lama. Namun hal tersebut akan sangat membahayakan si pengguna, karena mampu memicu stabilitas baterai smartphone, sehingga membuatnya cepat rusak dan mudah meledak saat digunakan. Sebaiknya hindari mengkosongkan baterai dalam jangka waktu yang terlalu lama.

3. Jangan Berada di Suhu Ekstrim

Baterai ponsel Anda jangan diletakkan pada suhu yang ekstrim. Tetapi seringkali pengguna yang meletakkan ponsel di sembarang tempat, atau di kawasan yang panas dan dingin. Padahal hal itu akan sangat berbahaya bagi ponsel lantaran mampu menimbulkan ponsel rusak dan baterainya mudah meledak. Sebaiknya, taruh smartphone anda di tempat yang memiliki suhu normal. Sebagai ponsel pintar atau smartphone memang sangat dibutuhkan kegunaannya bagi  manusia saat ini. Apalagi kalangan generasi millineal yang tidak bisa  lepas dari telepon genggam. Semoga ulasan tadi tentang cara hemat baterai Android dan proses mengecas agar ponsel tidak meledak bermanfaat bagi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here