Cara amankan ponsel memang seringkali dilakukan oleh sebagian orang. Hal ini diterapkan semata-mata untuk memberi keamanan agar smartphone tidak mudah dibajak atau dicolong. Jangan sampai ponsel kesayangan Anda justru seringkali buat mainan  teman atau saudara Anda. Pastikan setiap handphone merek apapun diberikan  kata kunci atau kata sandi agar lebih aman.

Ketahui Keamanan Ponsel Bukan Unlock Saja

Pada umumnya seorang pengguna ponsel pintar hanya akan menggunakan sistem keamanan unlock saja sebagai pengamannya. Mengingat ada juga keamanan masa kini, yakni mengunakan fitur sidik jari atau fingerprint. Hal semacam ini penting diperhatikan, karena data-data penting yang tersimpan di  dalam smartphone termasuk  data penting. Jangan sampai data itu hilang akibat tidak diamankan. Setidaknya, ketahui keamanan ponsel yang bukan hanya unlock saja

  1. Fitur Keamanan Fingerprint

    Sekarang ini banyak juga jenis smartphone yang menawarkan fitur  standar  sebagai   keamanan. Mulai dari PIN dan password yang sebetulnya dirasa cukup baik dalam hal keamanan ponsel. Akan tetapi, taukah Anda kini telah hadir juga cara amankan ponsel dengan fitur fingerprint yang tentunya lebih canggih. Perlu Anda pahami jika saat ini smartphone dengan fitur tersebut sudah sangat sering dijumpai.

    Sebetulnya fingerprint scanner digunakan untuk membuka  kunci pada perangkat dengan menggunakan sidik jari para penggunanya. Namun Anda harus tahu jika fitur tersebut tak hanya berguna sebagai keamanan semata, tapi untuk melakukan otentifikasi melalui aplikasi tingkat tinggi. Adapun fitur otentifikasi fingerprint scanner di aplikasi dari Internet Camera dan aplikasi e-banking.

  2. Snapdragon Security Platform

    Siapa sangka ada keamanan di smartphone tentang Snapdragon Security Platform. Penggunaan fitur keamanan ini dianggap lebih baik, lebih aman, dan respon yang lebih cepat. Namun keamanan sisi hardware memang memiliki kualitas bagus dari sisi hardware. Sebetulnya aspek keamanan tersebut tak hanya untuk sekedar membuka kunci ponsel, tetapi lebih dari itu sehingga smartphone sangat aman.

Baca Juga : Cara Melacak HP yang Hilang

Cara Mudah Amankan Smartphone

Ada berbagai cara amankan ponsel paling mudah untuk dilakukan. Apalagi kini banyak peretasan dan pencurian yang membuat ancaman dari pengguna ponsel atau komputer. Bahkan korbannya tidak pandang bulu, karena bisa dari orang biasa sampai instansi atau perusahaan ternama. Nah, bagi Anda yang ingin memberikan keamanan pada smartphone dapat melakukan tips di bawah ini.

1. Gunakan Kata Sandi Aman

Anda harus menggunakan kata sandi yang aman dan rumit. Setidaknya kata sandi ini sulit untuk ditebak, terutama untuk mengakses internet. Karena kata sandi  yang sulit  tentu saja akan kesulitan untuk diretas. Cobalah Anda gunakan kata sandi yang cukup panjang, yakni terdiri dari simbol, angka, huruf kapital dan huruf kecil. Jika perlu gunakan kata sandi yang idealnya berbeda di setiap situs online.

2. Lakukan Backup File

Tenang saja, Anda tidak perlu khawatir karena melakukan backup file kini sangatlah mudah. Mungkin dahulu, Anda diharuskan menggunakan DVD untuk  dapat menyimpan file dari komputer atau laptop. Namun sekarang telah banyak cara untuk back up file jenis apapun. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan hard-drive eksternal atau gunakan situs berbasis cloud untuk menyimpan file.

3. Perbaharui Software

Sebagai pengguna ponsel pintar, Anda pasti seringkali mengabaikan jika ada pemberitahuan untuk update software. Sebaiknya, Anda ikuti saja anjuran tersebut karean denagn memperbarui smartphone merupakan salah satu cara amankan ponsel. Pasalnya hanya dengan memperbaharui software, maka perangkat ponsel memperbaiki versi software sebelumnya. Karena mengupdate ponsel dapat menutup celah bagi kalangan peretas untuk memperoleh akses ke ponsel.

Baca juga :

Alasan Anda Harus Menjaga Keamanan Ponsel  

Smartphone sekarang telah menjadi kebutuhan bagi semua masyarakat. Bukan hanya anak muda saja, tetapi orang dewasa juga seolah-olah tak bisa lepas dari ponsel. Dari banyanya aktivitas yang pengguna lakukan menggunakan smartphone, maka secara tidak langsung data pribadi tersimpan di dalam ponsel. Tentu saja, sangat berbahaya jika Anda lalai dalam menjaga keamanannya. Berikut alasan Anda harus menjaga keamanan ponsel.

1. Data Rahasia yang Disimpan

Berbagai data rahasia yang disebar atau diperjual belikan dapat saja dilakukan oleh orang-orang tak bertanggungjawab.  Bagi Anda yang dapat mengirim ataupun menerima dokumen rahasia melalui email atau menyimpan di ponsel, maka harus lebih berhati-hati. Apabila Anda lalai sedikit saja untuk mengamankan data smartphone, bisa-bisa data-data itu tersebar luas di media online.

2. Lindungi Foto Pribadi Anda

Hampir semua orang memiliki foto bahagia bersama orang tercinta. Anda pasti suka menyimpan foto pribadi, foto keluarga, foto bersama teman, dan dengan rekan bisnis. Jangan sampai Anda lupa menjaga kerahasiaan foto Anda sebagai momen terindah dan tak terlupakan. Karena hanya dalam sekejap foto-foto ini bisa disalahgunakan. Bahkan foto tersebut dapat dibuat untuk akun palsu atau hal buruk di sosial media.

3. Simpan Nomor Teman Dekat Saja

Di zaman yang serba modern ini, banyak sekali penipuan yang menggunakan modus apapun. Pastinya smartphone tanpa keamanan rentan terhadap kesalahgunaan. Cara amankan ponsel tentu harus Anda pahami betul. Jika jatuh ke orang yang salah, maka daftar teman Anda dapat menjadi sasaran penipuan dan mengatasnamakan Anda. Bahkan seringkali diselipi dengan drama lainnya yang akan mempengaruhi Anda untuk percaya pada penipu atau orang lain.

Sebagai pengguna smartphone dimanapun Anda berada, memberikan keamanan smartphone dirasa penting. Jadi segera Anda lakukan cara amankan ponsel agar  smartphone Anda tidak mudah dilakukan pembajakan atau penipuan berbahaya.

  Cara Melacak HP yang Hilang tanpa Aplikasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here