Apa Itu SSD? Lalu Apa Perbedaannya Dengan HDD? Simak Jawabannya disini

2350
Image fajnykomputer.pl

Di era modern seperti sekarang ini, perkembangan teknologi seperti tiada habisnya. Hampir setiap menit ada saja teknologi baru yang ditemukan dan akan membuat Anda terpukau dengan berbagai penemuan tersebut. termasuk di antaranya adalah dalam perangkat penyimpanan. Saat ini telah hadir perangkat penyimpanan baru yang diberi nama SSD. Lalu Apa itu SSD?

Mungkin saat ini, jika Anda sedang mencari sebuah laptop maka penjual laptop terbaru akan menawarkan apakah Anda menginginkan hardisk biasa dalam hal ini HDD atau menggunakan SSD. Lalu apa perbedaan antara SSD dengan HDD? Nah simak penjelasan berikut ini, agar nantinya Anda lebih paham untuk bisa mengerti perbedaan antara keduanya.

Apa Itu SSD?

Mungkin sebagian dari Anda masih cukup asing dengan istilah apa itu SSD. SSD merupakan kepanjangan dari Solid State Drive. SSD merupakan sebuah perangkat untuk menyimpan data yang memakai IC sebagai memori atau tempat untuk menyimpan informasi atau data.

Untuk lebih mudahnya begini, Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan USB Flash Drive atau USB Memory Stick atau USB Thumb Drive? USB merupakan sebuah media atau alat elekt merupakan versi tercanggih dari USB tersebut. SSD memiliki kemampuan yang lebih canggih dengan kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar. SSD ini banyak dipakai untuk menggantikan Hardisk atau HDD.

  Tips Membuat Shortcut Pengunci Layar Kompuer

Jadi, saat Anda ditanya apa itu SSD? Maka Anda bisa menjawabnya dengan SSD merupakan sebuah perangkat untuk penyimpanan data yang memiliki fungsi seperti halnya hard disk drive akan tetapi memiliki konstruksi seperti USB Flash Drive yang terdiri atas seperangkat IC sebagai memori penyimpanannya.

Informasi atau data yang tersimpan di dalam SSD akan disimpan dalam bentuk microchips. SSD sama seperti halnya USB Flash Drive yang tidak mempunyai komponen bergerak di dalamnya. SSD berbeda dengan Hardisk yang mempunyai komponen yang dapat bergerak kesana kemari di dalamnya untuk menulis dan membaca informasi dan data di atas magnet yang berbentuk piringan.

SSD bekerja dengan cara elektrik untuk menyimpan data dan membaca data, sedangkan HDD bekerja dengan cara mekanik untuk membaca dan menyimpan data. Karena hal inilah, SSD memiliki cara kerja yang jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan hard disk drive.

Untuk lebih jelasnya perbedaan apa saja yang terdapat diantara SSD dengan HDD adalah sebagai berikut:

1. Kapasitas

Kapasitas yang dimiliki oleh HDD jauh lebih besar jika dibandingkan dengan SSD. Keduanya memiliki kapasitas yang cukup besar untuk menyimpan data. SSD memiliki kapasitas mencapai 4Tb pada desktop dan kurang dari 1 TB pada laptop. Sementara HDD memiliki kapasitas mencapai 2 TB pada laptop dan 10TB pada desktop.

  4 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop dengan Mudah

2. Kecepatan Membuka File

Kecepatan dalam membuka file, kali ini SSd lebih unggul. Hal ini terjadi karena file disimpan dalam bentuk microchip tanpa harus membaca piringan magnetik seperti yang dilakukan oleh HDD.

Selain itu, karena SSD bekerja secara elektrik, SSD tidak menimbulkan getaran dan tidak menimbulkan panas saat digunakan sedangkan HDD menimbulkan getaran karena memiliki komponen yang bergerak di dalam hardisk tersebut. Selain itu, HDD juga dapat menimbulkan panas saat dipakai.

3. Kemampuan File Copy

Salah satu hal penting dalam memilih perangkat penyimpanan adalah kecepatan yang dimiliki saat melakukan pengkopian data. Dibutuhkan setidaknya 200 hingga 550MB/s untuk SSD dalam mengkopi data. Sedangkan untuk HDdd memiliki kecepatan hanya 50 hingga 120 MB/s saja.

4. Konsumsi Daya

Dalam penggunaan daya, SSD lebih hemat jika dibandingkan dengan HDD. SSD hanya membutuhkan sekurang nya 2 hingga 3 watt saja sedangkan HDD membutuhkan daya hingga 6 sampai 7 watt. Jika Anda memakai SSD maka akan mendukung gerakan hemat energi yang saat ini sedang marak digalakkan.

  Membuat Tulisan Terbalik di Facebook, Blog, Website, MS Word dll

5. Waktu Booting

Salah satu hal yang menyebalkan adalah menunggu waktu booting, apalagi jika booting memerlukan waktu yang lama. Meskipun hanya dalam hitungan detik akan tetapi akan terasa begitu lama. SSD membutuhkan waktu untuk booting sebanyak 10 hingga 13 detik saja. Sementara HDD membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu mencapai 30 hingga 40 detik.

Nah itulah beberapa perbedaan yang terdapat di antara SSD dengan HDD. Sekarang Anda lebih paham bukan apa itu SSD dan apa saja perbedaan yang dimiliki SSD dari HDD. Sejak kemunculannya, SSD memberikan sebuah inovasi baru terhadap perangkat penyimpanan data.

Kehadirannya dianggap menyempurnakan kelemahan dan kekurangan yang dimiliki oleh HDD. Meskipun kapasitas yang dimiliki lebih kecil dari pada HDD akan tetapi kinerjanya lebih unggul jika dibandingkan dengan HDD.

Jadi Anda akan memilih yang mana setelah Anda tahu apa itu SSD dan berbagi keunggulan yang dimilikinya? Apakah masih bertahan dengan HDD sang legenda ataukah berpindah dengan memakai SSD yang baru? Semua tergantung selera Anda dan budget yang Anda miliki untuk bisa memilikinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here