4 Hal yang Menjadi Penyebab Hp Xiaomi Mati Sendiri

1057

Ternyata penyebab hp Xiaomi mati sendiri memang banyak sekali dan tentunya harus mengetahui masalah utamanya sehingga bisa memperbaiki masalah tersebut. Pada dasarnya setiap smartphone tidak akan mengalami problem jika menggunakannya sesuai dengan kapasitas dari hardware yang tersedia. Namun terkadang para pengguna handphone Xiaomi kurang waspada akan hal tersebut sehingga terlalu berlebihan dalam menggunakannya.

Mesin dan Baterai Lemah Adalah hal dasar yang sering menyebabkan Hp Xiaomi Mati Sendiri
Pada intinya, penggunaan hp Xiaomi yang tidak sesuai dengan kapasitasnya memang akan menyebabkan kondisi mesin akan cepat rusak dan salah satu indikasinya yaitu tiba-tiba handphone mati sendiri atau problem lainnya. Banyak para pengguna yang tidak mengerti bagaimana cara menggunakan handphone yang baik agar selalu awet. Hal ini karena banyak sekali fasilitas smartphone sehingga membuat penggunaannya terlalu berlebihan.

Baca juga : Cara Menggandakan Aplikasi di Xiaomi tanpa Aplikasi Eksternal

Beberapa Hal Penyebab Hp Xiaomi Mati Sendiri

1. Penggunaan Aplikasi yang Berlebihan

Setiap pengguna smartphone Xiaomi dimanjakan dengan fasilitas aplikasi sehingga terkadang tidak terlalu mengontrol penggunaannya. Hal ini tentunya membuat para pengguna handphone mendownload banyak aplikasi media sosial serta software lainnya. Jika handphone terlalu banyak aplikasi dan selalu online, maka kapasitas RAM akan cepat menyusut. Hal ini bisa menyebabkan mesin bekerja kurang maksimal dan handphone mati sendiri jika kapasitas RAM tinggal sedikit.

2. Ngevlog yang Membabi Buta

Masalah lainnya yaitu pada fitur kamera Xiaomi yang canggih dan bisa menghasilkan gambar berkualitas HD yang sangat jernih sehingga menyebabkan baterai menjadi boros. Tentu saja mesin pada handphone bekerja sangat keras ketika digunakan untuk merekam video atau aktifitas ngevlog. Kegiatan ngevlog memang menyenangkan, namun jika terlalu berlebihan akan membuat hardware mudah panas dan kualitas baterai semakin melemah sehingga kapasitasnya cepat habis dan bisa menjadi penyebab hp xiaomi mati sendiri. Baca Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi

Jika tidak bisa mengontrol dalam menggunakan handphone untuk ngevlog dan mesin sering mengalami panas yang berlebihan, maka bisa mati sendiri karena hardware bekerja melebihi kapasitasnya. Usahakan untuk menghentikan aktifitas ngevlog jika baterai mulai terasa panas agar bisa istirahat sejenak sampai kondisinya sudah dingin.

3. Upgrade Sistem Operasi MIUI

Namun masalah utama yang menjadi penyebab hp xiaomi mati biasanya karena melakukan sesuatu hal yang bersinggungan dengan sistem operasi android MIUI. Memang sistem operasi MIUI bisa diupgrade ke versi yang lebih tinggi agar bisa support dengan fitur baru yang disediakan pihak Xiaomi. Tapi dibalik itu, akan membuat kualitas mesin semakin melemah dan akselerasinya juga menjadi lebih lambat.

Jika sistem operasi MIUI telah diupgrade ke versi baru, namun tidak sesuai dengan kapasitas kinerja mesin, maka akan membuat booting kurang normal sehingga handphone Xiaomi cepat mengalami hang dan sering mati mendadak. Hal yang lebih parah lagi ketika menghidupkan smartphone hanya akan tampil logo Mi dan tidak bisa menyala sama sekali.

4. Aplikasi Game 3D  

Bermain game 3D memang sangat menyenangkan karena kualitas gambar terlihat lebih real sehingga membuat permainan semakin seru. Jika ingin memainkan aplikasi game 3D, tentunya harus mengontrol kapasitas hardware dan terutama pada kualitas GPU yang dimiliki. Jika GPU kurang support dengan permainan 3D, maka hanya akan membuat kinerja mesin bekerja sangat keras dan permainan juga lemot serta terputus-putus.

Jika terlalu sering memainkan game 3D dengan kondisi hardware yang kurang mendukung aplikasi permainan tersebut, maka hanya akan mengganggu kinerja mesin. Hal ini bisa membuat kinerja mesin cepat panas dan juga salah satu penyebab hp Xiaomi mati sendiri karena hardware terlalu dipaksa untuk bekerja terlalu maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here