Arman Ngeblog sejak tahun 2010

4 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop dengan Mudah

2 min read

Salah satu hal yang sering kali menjadi momok cukup mengerikan untuk pengguna laptop biasanya terletak pada keyboard yang mana ada kalanya tidak bisa berfungsi. Hal ini tentunya kana sangat menghambat jika laptop sedang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Pada dasarnya keyboard memang bagian dari hardware yang berperan cukup penting. Tapi ketika terlalu sering dipakai maka bukan tidak mungkin jika bagian tersebut menjadi sangat rentan rusak. Meskipun begitu, sebenarnya Anda tidak perlu merasa khawatir sebab, ada banyak sekali cara memperbaiki keyboard laptop.

Berikut beberapa cara memperbaiki keyboard laptop yang bisa Anda coba:

  1. Membersihkan Keyboard dari Kotoran Debu

Di saat beberapa tombol mungkin saja kurang berfungsi, sedangkan yang lain dalam keadaan baik. Maka ada kemungkinan bahwasanya keyboard tersebut tidak bekerja karena tertutup oleh debu yang semakin menumpuk. Oleh sebab itu segera bersihkan debu dengan memiringkan laptop di sudut 75 derajat sambil digoyang-goyangkan.

Sebelum memiringkannya pastikan terlebih dahulu bahwa laptop telah dalam keadaan nonaktif. Jika pada sudut 75 derajat masih kurang Anda pun dapat memiringkannya kembali pada sudut sebesar 90 derajat. Bersihkan bagian bawah dan atas keyboard dengan perekat dan periksa tombol apakah sudah mulai berfungsi kembali atau belum.

  1. Me-Restart Laptop

Cara memperbaiki keyboard laptop kali ini perlu digunakan jika secara tiba-tiba semua tombol tidak menanggapi. Kemungkinan besar permasalahan ini dipicu karena software maupun driver terdapat masalah. Kali ini Anda bisa mulai restart laptop melalui menu start. Namun jika tidak bisa tahan tombol power 5 detik.

  1. Restore Windows

Apabila cara yang sebelumnya tidak berhasil atau keyboard mulai bermasalah pasca Anda melakukan instalasi pada aplikasi baru. Bahkan juga mungkin telah mengubah pengaturan maka segera Restore Windows laptop. Secara garis besar cara ini memang akan cukup membantu untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi. Nah, berikut adalah beberapa langkah yang harus Anda ikuti:

  • Klik menu Start
  • Klik Control Panel
  • Sorot menu system and security
  • Pilih bagian backup your computer
  • Tekan Recover system settings on your computer
  • Tekan Open System Restore.

Setelah beberapa langkah cara memperbaiki keyboard laptop tersebut sudah dilakukan, selanjutnya Anda hanya perlu mengikuti Wizard sederhana agar proses restore Windows bisa segera dijalankan. Laptop selanjutnya akan melakukan reboot. Jika memang karena masalah di atas maka beberapa saat kemudian keyboard sudah bisa digunakan lagi.

  1. Perbaiki Driver Keyboard

Ada beberapa penyebab kenapa keyboard tidak berfungsi, salah satunya dikarenakan driver dari keyboard kurang up to date atau juga terdapat aplikasi sebagai faktor penyebab keyboard menjadi kurang tanggap. Kali ini Anda bisa mulai memeriksa serta memastikan jika driver dari keyboard telah bekerja dengan baik atau tidak melalui Device manager, ini dia cara memperbaiki keyboard laptop lewat driver:

  • Klik menu start
  • Pilih bagian Control Panel
  • Di dalam bagian Control Panel, pilih dan tekan menu System and Security
  • Selanjutnya pilih bagian Device manager.
  • Di dalam bagian Device Manager, nantinya Anda akan bertemu dengan driver yang menunjukkan semua hardware pada laptop
  • Pilih bagian keyboard agar bisa menemukan menu driver yang berada di dalamnya.

[postingan number=4 tag=”Komputer” ]

Apabila Anda mempunyai segitiga kuning yang berada di atasnya yang mana terdapat tanda seru di dalamnya maka bisa diartikan ada masalah pada keyboard laptop Anda.

Baca juga Tips Membuat Shortcut Pengunci Layar Kompuer

Namun lain halnya jika Anda sedang berada pada keadaan yang darurat, maka Anda dapat memakai keyboard yang virtual. Langkah yang digunakan sangat mudah yaitu dengan klik menu start – all programs – accessories – ease of access – on screen keyboard.

Demikian 4 cara memperbaiki keyboard laptop yang bisa Anda gunakan ketika tiba-tiba keyboard tidak berfungsi atau kurang tanggap. Silahkan mencoba semoga beberapa cara tersebut bisa dengan mudah menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

Arman Ngeblog sejak tahun 2010

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *