4 Cara Memfokuskan Kamera HP Android

1714

Cara memfokuskan kamera hp memang sangat mudah karena sebagian besar smartphone jaman now memiliki beberapa fitur fokus agar kamera bisa menghasilkan gambar yang lebih jernih dan sesuai dengan bidikan. Selain itu, banyak produsen handphone yang mengutamakan fasilitas fokus, terutama pada tipe smartphone yang memiliki kelebihan pada kamera untuk memanjakan para selfie mania.  

Baca juga : 4 Hal yang Menjadi Penyabab Hp Xiaomi Mati Sendiri

Smartphone Memiliki Fitur Memfokuskan Kamera HP
Setelah media sosial menjadi santapan utama para pengguna android, pihak produsen smartphone mulai menghadirkan fitur kamera yang bisa menghasilkan gambar berkualitas tinggi atau HD. Tentu saja lensa kamera semakin diperbesar dengan ukuran pixel yang lebih meningkat pada tipe keluaran handphone terbaru. Ada juga beberapa smartphone yang memiliki ukuran lensa yang sama pada kamera depan dan belakang.

Tentu saja para selfie mania semakin getol untuk melakukan jepretan gambar setiap saat dimanapun berada dengan hasil gambar yang jernih dan mengunggahnya di akun medsos. Beberapa brand smartphone juga semakin memperbanyak fasilitas fokus kamera agar para pengguna android bisa lebih bangga dengan hasil jepretan gambarnya yang jernih sesuai dengan obyek aslinya tanpa pecah ataupun blur.

Beberapa Cara Memfokuskan Kamera HP Android

1. Manual Fokus

Fitur manual fokus memang terlihat kuno, namun masih sering dipakai para pengguna android untuk membidik gambar yang ada di sekitarnya. Untuk memanfaatkan fitur manual fokus yaitu menggunakan dua jari untuk mempersempit obyek bidikan dari layar smartphone. Dengan fitur manual fokus, maka obyek gambar bisa 3 kali lebih presisi sehingga mampu membidik tepat pada sasaran dengan menyingkirkan obyek gambar di sekelilingnya.

Salah satu cara memfokuskan kamera hp yang satu ini tentu dapat mendekatkan jarak obyek gambar yang jauh bisa terlihat menjadi semakin dekat. Tentu saja hasil gambar lebih jelas dan tidak buram sehingga kualitas gambar lebih tinggi tanpa harus melakukan edit foto yang telah dihasilkan.

2. Auto Fokus

Ada juga fitur auto fokus yang bisa mengatur jarak obyek gambar secara otomatis sehingga bidikan lebih presisi hanya pada titik gambar yang akan diambil. Fitur auto fokus memang bisa mengambil gambar yang jaraknya jauh dan fungsinya hampir sama dengan fasilitas yang ada pada kamera DSLR. Namun kualitas gambar yang dihasilkan tergantung dari besar kecilnya ukuran lensa kamera.

Jika lensa kamera berukuran kecil dibawah 10 mega pixel, tentu saja kualitas gambar bisa buram dan sulit untuk menghasilkan foto yang jernih. Selain itu, juga tergantung dari jarak antara kamera dan obyek gambar sehingga perlu menyesuaikan diri dengan jarak pada titik fokus.

Baca juga : Cara Mengirim Foto di Whatsapp Tanpa Mengurangi Kualitas Gambar 

3. Touch Fokus  

Untuk fitur touch fokus memang lebih efektif untuk menghasilkan gambar yang jernih hanya melakukan pemotretan pada obyek yang dibidik saja. Untuk menggunakan fitur touch fokus dalam membidik gambar, hanya cukup menyentuhkan jari pada titik yang akan dipotret. Fitur auto fokus bisa menghasilkan gambar yang jernih hanya pada titik bidikan saja dan obyek disekitarnya menjadi buram. Sebagian besar smartphone terbaru memiliki fitur ini, terutama pada android untuk tipe selfie.

4. Lock Fokus

Sedangkan fasilitas yang lebih canggih lagi yaitu fitur lock fokus yang berfungsi untuk mengunci media yang akan dibidik. Fitur terbaru ini memang bisa lebih presisi dalam membdidik gambar dan para pengguna smartphone bisa mengaturnya dalam beberapa detik. Kamera hanya akan memotret pada titik obyek gambar saja sehingga foto yang dihasilkan bisa lebih jernih dan bahkan lebih jelas dari aslinya jika mengaktifkan fitur flash. Tentu saja fitur lock fokus merupakan cara memfokuskan kamera hp agar bidikan gambar tidak melebar dan sangat presisi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here